• Breaking News

    agobisnis, kumpulan makalah agrobisnis, agrobisnis sambas, agrobisnis terbaru,

    Friday, March 17, 2017

    Mesin Size Redaction



    Size reduction adalah proses mengecilkan ukuran dari suatu komoditi pertanian untuk menghasilkan suatu produk dengan nilai mutu dan nilai tambah yang tinggi. Tujuannya yaitu untuk mempermudah dalam proses selanjutnya seperti untuk mempermudah dalam penyimpanan, mempermudah proses pengolahan maupun pengeringan, dan baik untuk pengekstrakan.
        Tipe mesin Size reduction (pengecilan ukuran) terbagi menjadi empat tipe yaitu cutter (pemotongan), Crusher (penghancuran), grinder dan milling (penggilingan). Berdasarkan pada produk akhir yang dihasilkan pengecilan dibagi menjadi dua yaitu pengecilan ekstrim dan pengecilan yang relatif masih berukuran besar
        Terdapat empat prinsip dalam size reduction, yaitu kompresi, impact, atrisi, dan slice. Kompresi adalah pengecilan ukuran dengan tekstur yang keras. Impact digunakan untuk bahan padatan dengan tekstur  kasar. Atrisi atau gerus digunakan untuk menghasilkan produk dengan tekstur halus. Cutting atau slicing digunakan untuk menghasilkan produk dengan ukuran dan bentuk tertentu.
    Dalam pengaplikasiannya dalam industri, hammer mill digunakan sebagai pengolah bahan-bahan yang akan dijadikan bumbu dan juga pelet ikan. Sedangkan untuk disk-mill biasa digunakan dalam industri kopi untuk mengubah biji kopi menjadi bubuk kopi.
    Mesin size reduction memiliki beberapa jenis dengan rasio yang berbeda, salah satu mesinnya adalah mesin Crusher.

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel